. LEARNING GROUP: MEMBUAT EFEK FOTO ROBEK

Listen The Music


Music

You are the...........th Visitor

Tuesday, June 29, 2010

MEMBUAT EFEK FOTO ROBEK

Para sahabat LEARNING GROUP “Develop Your Knowledge Here”, pada tutorial kali ini, saya akan coba untuk sharing pengetahuan tentang cara MEMBUAT EFEK FOTO ROBEK di Adobe Photoshop.
Pada tutorial kali ini saya menggunakan foto salah satu sahabat LEARNING GROUP “Develop Your Knowledge Here” yang bernama Aldi Kurniawan. ^_^

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN EFEK FOTO ROBEK

1. Buka foto (File>Open).


2. Buat seleksi dengan menggunakan Lasso Tool (dilingkari dengan warna merah). Buat seleksi pada sebagian gambar, sehingga terbentuk sebuah bangun seperti gambar di bawah ini.


3. Simpan hasil seleksi dengan memilih menu Select>Save Selection.


4. Pilih channel hasil seleksi tadi yang telah disimpan di pallet channels.

Gambar channel hasil seleksi yang telah disimpan


5. Sekarang, kita akan membuat bentuk seleksi yang tidak rata di pinggir foto. Caranya dengan memilih menu Filter>Pixelate>Crystallize. Isikan nilai 3 pada Cell size.


6. Klik icon Load channel as selection di bawah pallet channel (dilingkari dengan warna pink). Ini bertujuan untuk memperoleh seleksi yang tidak rata pada foto.

7. Klik channel RGB pada pallet channels (dilingkari dengan warna merah).


8. Tekan Ctrl+J untuk menduplikat hasil seleksi. Kemudian klik pallet Layers.

9. Klik layer Background (dilingkari dengan warna biru), tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer ini (hasilnya adalah Background copy).


10. Ctrl+Klik pada thumbnail layer 1 yang merupakan layer hasil potongan. (Layer yang aktif masih pada layer Background copy).


11. Tekan tombol Delete pada keyboard. Ini bertujuan untuk menghilangkan daerah yang diseleksi. Setelah itu pilih menu Select>Deselect.

12. Klik layer Background (dilingkari dengan warna biru). Isi layer tersebut dengan warna putih dengan cara Edit>Fill (pada bagian Use=White, Opacity=100%).


13. Klik layer 1, kemudian atur posisinya dengan cara Edit>Free Transform. Setelah posisi foto dirasa sudah pas, tekan Enter. Lakukan juga cara ini untuk layer Background Copy.


14. Setelah mengatur posisinya, klik kembali Layer 1. Pilih menu Layer>Layer style>Drop shadow. Setelah itu, klik OK. Ini bertujuan untuk menambah kesan, seolah-olah foto itu benar-benar robek.


15. Pilih menu Image>Reveal all.


Nah, efek foto robeknya sudah jadi. Bagaimana sahabat, mudah bukan? ^_^

0 comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered by Blogger.